Banyak Investor, Siapa yang diuntungkan “Masyarakat, Pemerintah, atau Instansi yang menanam modal tersebut..?”

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, pulau yang terhampar luas dari sabang sampai marauke Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam yang sangat banyak jumlahnya, keanekaragaman hayati, pesona pariwisata, budaya, adat istiadat, suku-suku sampai dengan karakteristik dari masyarakatnya sunguh luar biasa. Sebagai negara berkembang Indonesia sebenarnya memiliki peluang untuk menjadi negara maju dan bisa menjadi negara yang sangat berpengaruh di kawasan asia bahkan dunia. Bagimana Indonesia bisa menjadi pemimpin bagi negara-negara lainnya, menurut saya Indonesia bisa menjadi negara yang sangat berpengaruh dengan mengelola sumberdaya alam yang berasal dari berbagai sumber daya energi.

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar atas kekayaan alamnya, dan indonesia bisa menjadi negara adidaya energi jika memanfaatkan dan mengelola dengan baik dan benar. Membuat, Mendirikan, Mengembangkan Perusahaan yang mengelola berbagai sumber daya energi seperti mengolah energi geothermal (panas bumi), minyak bumi, batu bara, energi panas matahari, dan lain sebaginya. Dari itu semua bisa menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang sangat makmur, rakyatnya pun sejahtera, pemerataan pembangunan akan tersebar secara merata. Ini dapat dibuktikan juga dengan banyaknya tawaran masuk yang berasal dari luar negeri yang ingin melakukan investasi yang datang dari negara-negara tetangga seperti Jepang, Australia, dan negara lainnya. Dalam artikel yang dilansir oleh VOA Indonesia di website resminya yang berjudul “Pemerintah Tawarkan Proyek Investasi Senilai Rp 460Tdisebutkan bahwa pemerintah akan menawarkan 58 proyek investasi senilai Rp 460 triliun ke pihak swasta untuk mempercepat pembangunan ekonomi hingga ke daerah-daerah. Untuk program yang ditawarkan pun beraneka ragam, yang keseluruhan program tersebut pastinya pemerintah ingin melakukan perbaikan diberbagai bidang sampai dengan segi infrastruktur. Untuk itu apabila Indonesia mulai gencar melakukan promosi program pemanfaatan pengembangan sumberdaya energi pastinya para investor dari luar negeri akan lebih banyak berdatangan dan bisa membantu proses pembagunan dri berbagai daerah menjadi lebih cepat.

Sudah mulai saatnya bagi pemerintah untuk lebih mengutamakan hasil dari investasi yang didapat dari perusahaan baik yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri dimanfaatkan dan diterima oleh rakyat Indonesia. Ini bisa kita ketahui adalah nagara Indonesia melakukan pengiriman gas kepada negara tetangga yang digunakan untuk berbgai kepentingan yang salah satunya berfungsi untuk pembangkit tenaga listrik, tapi yang kita ketahui wilayah yang masih masuk di dalam negara Indonesia yaitu pulau di pulau Batam dan juga pulau Bintan yang notanbennya dekat dengan negara yang di kirimin gas dari Indonesia malahan tidak bisa menikmati listrik dengan maksimal. Ini tentu saya membuat saya dan juga mungkin rekan-rekan lainnya menjadi prihatin, bagaimana bisa pemerintah lebih mengutamakan penghasilan yang masuk dari investor luar negeri berupa pajak pengelolaan gas, dan yang lainnya, namun menomor duakan rakyatnya. Seharusnya pemerintah harus lebih mengutamakan sumber energi untuk kemakmuran rakyatnya.

Mungkin jika kita pikir mengapa Negeri Indonesia yang kaya raya masih banyak rakyat yang menderita ? mungin anda pernah mendengar istilah “Teori Kutukan Sumber Daya Alam” yang menyebutkan bahwa negeri yang kaya akan sumber daya alam cinderung lama untuk maju karena lambat dan malas. Eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan, tidak terkontrol, dan menjualnya kepada pihak-pihak yang memerlukan seperti, pembabatan hutan secara besar-besaran, ekspor tanah, dan ekspor-ekspor lainnya. Tentunya ini membuat kita sangat jengkel apabila kita membandingkan dengan negara tetangga yang mungkin ada yang tidak terlalu banyak memiliki sumber daya alam, tetapi negara tersebut bisa menjadi negara maju, apa penyebapnya, apakah Indonesia bisa mengikuti jejak negara tetangga yang sudah maju tersebut..? ya saya yakin PASTI BISA.. 😀

Bagaimana dengan pemanfaatan energi bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik kita maupun pemerintah harus bisa memberikan sosialisasi pemanfaatan untuk kesejahteraab bersama. Memaksimalkan sumber daya alam dengan kemampuan, pengetahuan, modal atau finansial yang dimiliki oleh semua warga masyarakat harus bisa memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan seluruh masyarakat. Disini seharusnya pemerintah memiliki andil yang sangat besar bagi kesejahteraan rakyatnya. Dalam pembuatan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah harus lebih diperhatikan dan mementingkan rakyat banyak. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terhadap semua perusahaan harus menguntungkan bagi masyarakat Indonesia terlebih dahulu, baru perusahan tersebut.

Selain itu pemerintah juga bisa menata ulang berbagai kebijakan perjanjian yang sekiranya kurang bisa memberikan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak agar di revisi lagi supaya bisa saling menguntungkan bagi masyarakat, pemerintah, maupun instansi yang menanamkan uangnya di negeri ini.

Pemerintah harus pro rakyat..!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: