Keindahan Pulau-pulau di Indonesia.. :)

Perjalanan ini dimulai ketika pagi hari saat cuaca masih terlihat agak gelap, sekitar pukul 05.00 saya dan juga kedua sahabat saya berjalan dengan tujuan ke Pulau Panggang untuk melakukan suatu tugas yang berhubungan dengan perkuliahan kami. Namun pada cerita ini tidak ada hubungannya dengan cerita tugas-tugas perkuliahan, ataupun materi kuliah lainnya, karena saya akan menceritakan bagaimana perjalanan pertama saya ke Pulau Panggang, bagaimana kondisi di pulau tersebut, keindahan apa saja yang dimiliki, dan masih banyak yang lainnya. 🙂

Kami mengawali perjalanan dengan melintasi kawasan barat jakarta, menuju ke daerah perbatasan antara laut dan darat yaitu tepatnya muara angke, tempat kami menyeberang ke Pulau Panggang. Pada awalnya kami sampai di muara angke, kami sempat telat, karena kurang lebih 30 meter kapal yang menuju pulau panggang baru saja berangkat, beruntung orang-orang di pinggir dermaga berteriak agar kapal tersebut kembali dan bisa mengakut kami, dan akhirnya pun kami jadi berangkat menuju pulau panggang.. 😀

Perjalanan menuju pulau panggang menaiki kapal motor sumber alam menempuh waktu perjalanan kurang lebih 3 jam, sepanjang perjalanan terlihat disebelah kanan dan kiri begitu luas terhampar lautan biru yang sangat indah, sesekali saya melihat ikan seperti meloncat terbang si sisi kapal. Beruntung ombak pada pagi itu tidak terlalu besar, jadi kami bisa dengan lancar dalam perjalanan di dalam kapal menuju pulau panggang.

Setibanya di dermaga saya dan sahabat-sahabat saya sempat berfoto terlebih dahulu di dermaga pulau pramuka, ini adalah foto saat saya sedang di dermaga pulau pramuka menghadap pulau panggang.

Setelah beberapa saat transit sementara di pulau pramuka, kemudian dilanjutkan kembali perjalanan menuju pulau panggang, dan ternyata dari pulau pramuka menuju pulau panggang cukup singkat, kurang lebih hanya 10-15 menit. Sayang kami tidak memiliki banyak dokumentasi foto-foto yang bagus dari perjalanan kami kali ini menuju pulau panggang dan pulau pramuka. Ini adalah salah satu foto yang menggambarkan lingkungan di pulau panggang, suasana permukiman penduduk di pulau tersebut.

Kondisi permukiman baik di pulau panggang maupun di pulau pramuka sudah cukup padat, kondisi cuaca yang cukup terik di daerah pantai, membuat kami agak kesulitan juga pada awalnya untuk beradaptasi, namun iu semua dapat terbalaskan dengam melihat panorama keindahan alam yang terdapat diantara pulau panggang dan pulau pramuka.

Foto diatas ini menggambarkan suasana pada saat di dermaga, Jika dilihat dengan mata telanjang pun di pinggir dermaga terlihat sangat jelas gerombolan ikan-ikan kecil dalam kelompoknya yang sedang berenang.. 😀

kemudian ada lagi foto-foto menarik lainnya..

Foto ini menggambarkan suasana pada saat pagi hari di pulau pramuka

senja hari, saat sunset di pulau panggang.  This is very awesome.. 🙂

Suasana di pagi hari di pulau pramuka.. 🙂

Jika ditanya apa saja yang menarik dari lokasi tersebut yang ada di pulau panggang dan pulau pramuka tentunya sangat banyak, anda bisa snorkeling, memancing baik di pinggir dermaga, atau pun dengan menyewa kapal ke tengah laut, disana sudah banyak yang bisa menyediakan kapal untuk keperluan memancing dan yang lain-lainnya, dan masih ada apa lagi hal-hal menarik yang ada disana, silakan anda coba temukan sendiri.. 😀

Saya sangat menyukai sekali dengan “Travelling” atau jalan-jalan bersama-sama dengan teman, melihat berbagai macam pemandangan indah pengunungan, laut, lokasi-lokasi unik dan bersejarah yang ada disetiap daerah yang perah saya singgahi. Inilah yang paling melekat dengan Indonesia sangat banyak sekali potensi wisata yang dimiliki, wisata alamnya sungguh mempesona.

Inilah yang saya banggakan dari Negeri tercinta Indonesia yang memiliki berbagai macam keanekaragaman mulai dari kesenian, Adat istiadat, kekayaan alam, wisata alam, budaya, dan masih banyak lainnya.

Tentunya keindahan alam di negeri tercinta ini sungguh luar biasa, bila dibandingkan dengan negara manapun, dengan letak geografis Indonesia yang menjadi negara kepulauan terbesar, memiliki sumberdaya alam yang sangat melimpah, pastinya Indonesia bisa menjadi negara yang besar juga.

Kita mungkin sudah mengetahui bahwa Bali, Lombok, Raja Ampat merupakan daerah-daerah yang sangat indah dan menarik dari segi wisata pantainya untuk di kunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri, saya berharap dengan semakin banyaknya pengunjung yang berwisata ke pulau panggang maupun pulau pramuka bisa menjadikan lokasi tersebut menjadi salah satu lokasi tujuan wisata bagi semua orang. Saya harap pulau pramuka dan pulau panggang juga akan bisa segera terkenal dan bisa banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri seperti lokasi wisata yang berada di kepulauan seribu lainnya yaitu pulau tidung, dan palau-pulau lainnya juga.

Saya juga berharap melalui peran sosial media potensi suatu daerah seperti keindahan alam, budaya dan keunikan lainnya dapat tersebar dengan jangkauan yang lebih luas. Setiap orang bisa terhubung dan berbagi informasi mengenai berbagai macam hal menarik yang berhubungan dengan keanekaragaman di Indonesia, setiap orang dapat bertukar informasi dengan mudah dan cepat dengan memanfaatkan berbagi macam media yang dimiliki. Sehingga akhirnya keseluruhan informasi dapat menjadi cerita yang detail dan bermanfaat.

Melakukan promosi atau mempublikasikan suatu daerah melalui sosial media yang menarik akan menarik minat wisatawan dan  membawa manfaat untuk masyarakat lokal berupa penghasilan tambahan seperti penjualan makanan, penginapan, profesi baru seperti guide, kursus bahasa dan bahkan memperluas wawasan Internasional. Saya berharap kita semua dapat menjaga kelestarian lingkungan di manapun kita berada agar kita dapat menyaksikan keindahan alam sekitar kita.

2 responses

  1. nice…:)

Leave a comment