Jika Saya Menjadi CEO Group Bakrie, Saya Akan….

Untuk menjadi seorang CEO Bakrie tentu tidaklah mudah, banyak sekali tuntutan yang harus bisa dipenuhi. Terlebih lagi Group Bakrie merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Sektor usaha yang digeluti Group Bakrie juga merupakan sektor-sektor yang sangat vital bagi negeri ini. Diantaranya adalah agribisnis, telekomunikasi, property, metal (besi), batu bara, infrastruktur serta minyak dan gas bumi. Dalam memimpin perusahaan besar tentu tidaklah mudah, seorang CEO Bakrie pastinya harus dituntut untuk bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat, melakukan yang terbaik serta bertanggung jawab terhadap hasil yang didapat dengan memperhatikan berbagai macam aspek lingkungan yang ada dalam lingkup bisnis perusahan tersebut dan lingkungan sekitarnya.

Apabila saya menjadi CEO Bakrie, banyak sekali yang ingin saya kembangkan baik dari ide bisnis, ataupun berbagai macam peluang agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan untuk negeri tercinta Indonesia. Untuk itu saya akan mencoba mengembangkan atau memperluas bisnis Bakrie Group ke dalam sektor usaha Bidang Energy.

Mengapa saya ingin mengembangkan perusahaan yang bergerak di bidang energi..? ya.. karena negara Indonesia ini merupakan negara yang kaya akan berbagai macam sumber daya alamnya. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar atas kekayaan alamnya, dan indonesia bisa menjadi “Negara Adidaya Energi” jika dikelola dengan baik dan benar. Melihat kesempatan yang ada itu, tentunya Group Bakrie yang sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak di bidang metal, batu bara, minyak dan gas bumi tentunya akan semakin mudah menggembangkan bisnis di bidang sumber daya energi.

Membuat, Mendirikan, Mengembangkan Perusahaan yang mengelola berbagai sumber daya energi yang mengolah energi geothermal (panas bumi), selain itu juga bisa (seperti ; membuat pembangkit listrik seperti kincir angin atau Solar Panel, maksudnya adalah bisa menjual energi tersebut atau pun menggunakannya untuk keperluan perusahaan sendiri) ini bisa di contoh dari perusahaan besar seperti google yang melakukan hal tersebut, mendirikan pembangkit listrik, kemudian menjual energi tersebut.  Selain itu Bakrie juga bisa membuat atau membangun prototype Solar Panel (energi panas matahari). mendirikan pabrik pengolahan singkong yang mengolah singkong untuk dibuat Bioethanol.

Jika dijabarakan dalam analisa SWOT adalah sbb;

* Strengths :

1. Pengalaman yang memadai, tentunya berbekal pengalaman yang banyak dalam mengelola perusahaan yang bergerak dalam dunia Migas, memberikan kemudahan bagi Bakrie Group dalam memulai bisnis di bidang Sumber Daya Energi.

2. Memiliki karyawan, teknisi atau SDM yang berkualitas. selain sudah cukup lama berkecimpung di dunia Migas, tentunya perusahaan ini di dukung oleh karyawan, teknisi atau SDM yang sangat baik, dan memiliki pengalaman di bidangnya (competence).

3. Memiliki modal yang cukup besar untuk mengembangkan bisnis ini, disamping itu selain memiliki dukungan juga dari pemerintah, Bakrie Gruop juga memiliki rekan kerja atau partner bisnis dalam berbagai macam bidang industri. Pastinya ini akan bisa mempermudah Group Bakrie dalam menjalankannya.

*Weaknesses :

Mungkin yang saya lihat, Kekurangan yang kita ketahui dari pengalaman sebelumnya terhadap perusahaan Lapindo adalah mengenai penanganan lumpur yang tidak maksimal. Mungkin ada kalanya jika suatu perusahaan mengalami kesulitan terhadap hal-hal tertentu yang penanganannya membutuhkan biaya dan usaha yang lebih, sebaiknya perusahaan menggunakan tenaga ahli dari luar, hanya untuk penanganannya saja, bukan untuk melakukan kegiatan operasional seterusnya atau sehari-hari. Hal ini mungkin bisa di contoh dari penanganan para pekerja tambang di Chile, dimana perusahaan tersebut dan dibantu dengan presidennya mau mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa tenaga ahli untuk membuat alat penyelamatan, yang digunakan untuk mengangkat para pekerja yang tertimbun didalam tanah. Contoh lainnya juga ada pada salah satu perusahaan minyak yang cukup besar, saya lupa apa nama perusahannya. ia mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk penanganan kebocoran pipa minyak dibawah laut, dan hasilnya pun juga memuaskan.

Secara umum untuk mengembangkan bisnis ini saya rasa perusahaan Bakrie Group tidak memiliki kelemahan hanya saja mungkin tanggapan atau opini dari masyarakat yang mungkin meragukan apabila bisnis ini diwujudkan, mengingat kejadian yang sebelumnya terhadap perusahaan Lapindo dalam mengelola perusahaan migas. Namun saya yakin itu semua bisa diatasi oleh Bakrie Group karena apabila mengembangkan bisnis ini bisa menguntungkan selain bagi perusahaan,tentunya juga bagi masyarakat Indonesia.

*Opportunities :

Mengingat sumber daya energi terutama minyak sudah semakin sedikit di dunia ini, alangkah lebih baik jika kita beralih ke sumber daya energi alternatif.  Peluang yang Bakrie bisa dapatkan adalah banyaknya investor yang akan mau bekerjasama mengembangkan bisnis ini, karena hampir diseluruh negara membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari, Bakrie juga bisa mempekerjakan tenaga ahli yang berasal dari dalam negeri sendiri baik yang lulusan didalam atau pun lulusan dari luar. ini juga bisa menjadi peluang bagi perusahaan dalam mengumpulkan para lulusan terbaik tersebut, mengingat orang-orang yang kebanyakan lulus dari pendidikan diluar cinderung kurang atau tidak mau kembali ke negerinya karena penghargaan atas kemampuannya sangat tidak sebanding dengan penghargaan yang diberikan oleh negara lain, dan di sinilah Bakrie bisa mengakomodir, mengumpulkan para lulusan terbaik orang indonesia agar bisa berkarya dan bekerja bagi negeri sendiri Indonesia tercinta ini.. 🙂

*Threats :

Akan munculnya perusahaan yang berasal dari dalam ataupun dari luar negeri yang ingin mengembangkan perusahan dibidang ini, untuk itu Bakrie Group harus bisa sesegera mungkin mewujudkan dan mengembangkan Perusahaan dibidang energi.

Solusi cerdas dalam menghadapinya adalah dengan memulainya sesegera mungkin, mengumpulkan data-data potensi SDA yang menghasilkan berbagai macam sumber energi yang ada di Indoensia, membuat wadah yang dapat menampung para lulusan anak negeri yang berasal dari dalam atau pun dari luar negeri untuk bekerja dan berkarya di Perusahan Bakrie Group ini.

Untuk perusahaan Bakrie, dan untuk Negeri tercinta Indonesia..  🙂

to join the competition that is held by the Bakrie Group Companies. Commemorating the 70th anniversary of the Bakrie Group.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: